Tips Mengatasi Ngantuk Di Kelas



Ngantuk Di Kelas
Ingin Info | Pas bangun tidur, ato pas kebanyakan makan, atau ga ada kegiatan. Yang namanya ngantuk pasti ga akan lama bakal timbul. Misalnya pas kebanyakan makan, udah selesai makan selang beberapa menit rasa mulai lemes, ngantuk deh..padahal tugas-tugas menumpuk, terus godaan pun dating “udah tidur aje dulu..ntar bangun malem, belajar malem-malem kan lebih enak, lebih fresh”. Tidak lama kemudian, otak kita bekerja, yaudahlah tidur dulu aje…. Tapi kenyataannya, jam 5am ato jam 4am baru bangun padahal jam sgitu waktu utk beribadah, yaudah deh…ga jadi belajar, nyesel “kenapa tadi malem aku tidur duluan…argh..”. itu mungkin sebagian cerita anak mahasiswa yang kebablasan tak terkecuali penulis.

Disini, saya ingin ngasih tips-tips buat para pembaca, khusunya mahasiswa kali ya…biar ga gampang ngantuk ato apa aja yang harus dilakuin biar ngantuk itu ilang soalnya masih banyak tugas ato kegiatan lain yang penting yang masih menumpuk.
  1. Saat ngantuk mulai kerasa, tampar pipi kanan, ga usah terlalu keras, keras juga gpp denk. Tunggu beberapa menit, masih melek kah ato masih ngantuk juga. Klo masih kerasa ngantuk juga, tampar lagi, terserah mo pipi kanan ato kiri. Lalukan sampe tiga kali, klo emang sampe ketiga masih aja ngantuk berarti—kata ibuku—itu emang udah waktunya tidur, kecapean.
  2. Minum kopi, ini pengalaman baru bagi ku karena beberapa hari ini setelah aku minum kopi ak jadi bisa melek ampe malem, tidurpun baru sekitar jam 1 an, yang jelas 12 keatas. Kerasanya klo emang diniatin belajar bakalan asyik deh..ga ngantukan. Ada tips bagi yang ingin minum kopi sebagai penghalang ngantuk. 1) siapin kopi segelas 2)minum kopi sedikit demi sedikit 3)jika kerasa ngantuk minum sedikit, lanjutkan 4)jika masih ngantuk minum lagi. Efek dari minum kopi ga bisa langsung dhek sak nyet.Mungkin setelah beberape menit caffeine lagi bisa bekerja.
  3. Konsentrasi dan fokus, misale setelah bangun tidur ato pas ngantuk, langsung konsentrasi dan fokus. konsentrasi dan fokuskan pikiran pada hal-hal yang penting akan dilakukan ato menyusun kegiatan untuk aktivitas hari itu. 
  4. Inget sama yang dirumah, orangtua, atau saudara yang telah berkorban untuk kita, yang rela bekrja utnuk menyekolahkan kita, ingat saat senyum ibu bapak kita, becanda saat bersama, kenangan dan imajinasi indah. Mungkin butuh beberpa menit untuk itu, asal jangan sampe kelamaan, bikin sebagai sebuah motivasi.
Segitu aja sedikit tips dari saya.. mudah-mudahan rasa kantuk itu hilang...



Artikel Terkait: