4 Jenis Aktifitas Dapat Membuat Otak Cemerlang



Contoh Kegiatan Yang Membuat Otak Cemerlang @Ingin Info

Ingin Info - Menurut dari salah satu profesor dari Univesity of California, Dr Michael Merzenich, mengatakan bahwa penurunan dari fungsi otak pada perempuan cenderung lebih lambat dari pria yang di sebabkan karena adanya perbedaan secara hormonal tetapi jika wanita telah memasuki masa menopause, penurunan kognitifnya secara lamban laun akan setara dengan pria yang telah memasuki di usia 65 tahun.
Dr Michael Merzenich mengatakan ada cara sederhana guna membantu dalam meningkatkan fungsi dari otak kita seperti berikut ini:

1. Senang Membaca

Membaca selain dapat memperluas wawasan, juga dapat membantu dalam meningkatkan fungsi dari otak kita. Menurut para ahli dari Mayo Clinic dalam riset di tahun 2009 menjelaskan bahwa dengan membaca dapat memberikan pengaruh yang positif khususnya untuk orang dewasa setengah baya maupun yang lebih tua. Dengan seringnya membaca buku dan melakukan kegiatan kognitif lainnya dapat pula menurunkan risiko gangguan kognitif ringan (MCI).

NB:
Gangguan Kognitif Ringan adalah keadaan prodromal atau faktor resiko dari penyakit Alzheimer.
Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi dimana sel-sel saraf di otak mati, sehingga sinyal-sinyal otak sulit ditransmisikan dengan baik.
Contoh kegiatan kognitif adalah permainan angka

2. Sering Berjalan dan Selalu Melihat Sekitar.


Dengan seringnya kamu berjalan dapat mengasah fungsi dari otak maka dari itu cobalah untuk sering berjalan di lingkungan rumah kamu dan rekam juga semua yang kamu lihat. Setelah kamu sampai di rumah, cobalah untuk merekonstruksikan kembali secara lebih rinci rute perjalanan dan apa saja yang kamu lihat. "Ini merupakan bentuk latihan mental yang sangat penting karena dapat membuat mesin otak kita tetap hidup," kata Merzenich.

3. Cobalah Untuk Belajar Sesuatu yang Baru


Dengan melakukan sebuah aktivitas yang baru ataupun belum pernah dilakukan terutama yang dapat merangsang kerja otak kamu, maka kamu patut untuk dicoba seperti bermain catur ataupun mengisi TTS (teka teki silang).

4. Cobalah Untuk Mengikuti Kegiatan Sosial


Cobalah kamu terlibat di dalam setiap kegiatan sosial karena kegiatan tersebut sangat penting selain tidak hanya dapat menjauhkan kamu dari rasa kesepian tetapi yang terpenting untuk melatih otak dalam kegiatan kognisi sosial. "Terlibat di dalam sebuah kegiatan yang sosial sangatlah bernilai. Cara ini terbukti baik untuk kesehatan otak Anda," katanya.

Sekian info dari saya, semoga info ini bermanfaat buat kita semua.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment