Efek Positif dan Negatif Dari Minum Kopi - Ingin Info



Efek Positif Dan Negatif dari Kopi - Bahaya Minum Kopi - Cangkir Kopi - Ingin Info


Ingin Info | Efek Positif dan Negatif Dari Minum Kopi | Rasanya tidak mungkin masyarakat Indonesia tidak suka kopi, apalagi jika kamu doyan begadang, kopi menjadi favorit minuman kamu. Tapi jika kamu meminum kopi yang terlalu sering banyak efek negatif untuk kesehatan. Tapi selain efek negatif, ternyata kopi memiliki efek positif jg lho.

Mau tau efek positi dan negatif dari kopi? berikut ini akan di jelaskan:


Efek Positif dari Kopi:


1. Minum kopi ternyata dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.
2. Minum kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Parkinson.
3. Minum kopi dapat membantu meningkatkan memori dalam jangka pendek manusia. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang dikandungnya kopi dapat bereaksi secara kimia menstimulasi dan dapat membantu menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima dengan baik dalam waktu jangka pendek.
4. Kafein yang terdapat di kopi dapat membantu meredakan sakit kepala sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak juga dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil.
5. Efek kopi efektif sebagai antioksidan.
6. Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi dapat membuat orang lebih sering buang air kecil. Hal itu bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
7. Efek dari Kopi juga dapat membantu dalam mengurangi resiko terkena batu ginjal. 

catatan :
Penyakit Alzheimer merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi pada saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan teruknya sehinggakan pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri.

Penyakit Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson. Penyakit parkinson adalah penyakit degenerasi yang menyerang otak karena kurangnya dopamine dalam otak. Gejala utama pada penyakit ini adalah gangguan pergerakan, dan gangguan non motorik.

Antioksidan adalah sebuah substansi yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam menetralisir radikal bebas and mencegah berbagai kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan dapat menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki oleh radikal bebas, dan dapat menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif.

Efek Negatif Kopi :

1. Minum kopi yang berlebih dapat menyebabkan constipation atau susah untuk buang air besar.
2. Minum kopi juga menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Hasil penelitian di Florida Alzheimer’s Disease Research Center menyebutkan bahwa dosis kopi yang dapat di konsumsi setiap hari adalah hanya sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan tapi tidak untuk orang yang mengidap darah tinggi dan wanita hamil. 


Artikel Terkait: