Diduga, Nasi Putih Jadi Penyebab Diabetes !



Diduga, Nasi Putih Jadi Penyebab Diabetes

Penelitian ini agak mengejutkan. Nasi putih, yang menjadi makanan pokok orang Asia, diduga memiliki andil untuk memunculkan penyakit diabetes tipe 2. Demikian menurut kesimpulan dari penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health.

makan nasi


Para peneliti melakukan pengamatan terhadap 352.384 relawan di beberapa negara selama 22 tahun. Mereka diminta menjawab kuesioner tentang makanan konsumsi harian. Relawan diambil dari tiga negara Asia, tiga negara bagian Amerika Serikat, satu negara bagian Australia.

Dari situ didapatkan data, ada peningkatan risiko diabetes tipe 2 yang dimiliki oleh orang Asia sebesar 55 persen. Salah satu faktor pencetusnya diduga berasal dari nasi putih yang dimakan setiap hari. Para ahli juga mengatakan, ada tambahan 11 persen risiko diabetes bagi seseorang yang makan nasi putih satu porsi, dan berlaku kelipatannya.

Hanya saja, studi yang dimuat British Medical Journal ini masih penuh dengan pertanyaan. Misalnya, jenis padi yang berpotensi diabetes atau bagaimana cara memasak nasi putih yang bisa menimbulkan risiko itu. Karena, risiko diabetes dari nasi putih terkait juga dengan indeks glikemiknya.

Menurut Dr David Katz, profesor kesehatan masyarakat di Yale University, potensi diabetes ini tidak berdiri sendiri. Nasi putih bukan penyebab utama diabetes.

sumber:http://sidomi.com/76668/diduga-nasi-putih-jadi-penyebab-diabetes/


Artikel Terkait: