Diet Alami Dengan Jus Sayur dan Buah




Ingin Info | Sayur dan buah adalah santapan wajib mereka yang sedang berdiet. Agar tidak bosan, sebaiknya sayur dan buah diolah jadi bervariasi, salah satunya jus. Jika keunggulan sayur dan buah disatukan menjadi jus, maka khasiatnya berlipat dan rasanya nikmat!

Menurut Cherie Calbom yang dijuluki The Juice Lady, beberapa sayur dan buah memiliki efekthermogenic yang memproduksi panas dan membakar lebih banyak kalori. Buah-buahan berikut ini kaya vitamin C, sehingga mempercepat pembakaran lemak saat berolahraga. Ada pula buah yang bersifat diuretik, sehingga dapat membuang kelebihan air dalam tubuh lewat urin.

Menambahkan sayur ke dalam jus buah berfungsi untuk mengencerkan kandungan gula. Berikut jus yang disarankan livestrong.com dengan bahan-bahan yang mudah didapat:

1. Mentimun, apel, dan jahe

Jus Mentimun, apel, dan jahe Mentimun adalah diuretik alami. Sementara itu, apel kaya akan pektin yang akan berubah jadi gel di dalam tubuh. Gel ini membantu membuang racun yang ada di saluran pencernaan. Jika kombinasi jus buah ini dicampur dengan jahe, maka akan muncul efek thermogenic. Khasiatnya secara keseluruhan adalah dapat menurunkan kolesterol jahat.







2. Semangka dan bayam

Jus Semangka dan bayam
Semangka mengandung 92% air dan dapat merangsang buang air kecil. Juga terdapat vitamin A, C, dan potasium yang mengatur tekanan darah .Penting dalam membuang zat-zat tak berguna. Bayam baik untuk membangun otot, sementara otot membantu membakar lemak. Juga kaya zat besi, vitamin C, dan kalsium. Jika suka, tambahkan kulit semangka karena kandungan klorofilnya yang tinggi dapat membersihkan darah.







3. Wortel, jeruk, dan peterseli

Jus Wortel, jeruk, dan peterseli
Sari wortel kaya akan vitamin B, C, D, E, K, dan asam folat. Asam folat penting untuk proses metabolisme di dalam tubuh. Wortel juga bisa memuaskan keinginan akan makanan manis. Sementara itu, jeruk mengandung vitamin C, asam folat, dan potassium. Peterseli baik untuk penyerapan kalsium dan mencegah pengerasan arteri jantung karena mengandung vitamin K dan C.






4. Brokoli dan pir

Jus Brokoli dan pir
Brokoli adalah sumber vitamin A, C, K, asam folat, dan kalsium. Jika Anda kekurangan kalsium, tambahkan brokoli ke dalam jus untuk mempercepat penurunan berat badan. Pir mengandung vitamin C dan copper yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.








5. Grapefruit dan blewah

Jus Grapefruit dan blewah
Grapefruit adalah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan. Sari buahnya sangat asam, tapi akan terasa lebihsehat jika dicampur blewah. Grapefruit tinggi vitamin C namun rendah kalori. Buah ini dapat mencegah berat badan naik dengan menurunkan kadar insulin. Sementara itu, blewah kaya akan vitamin A, C, dan potassium.









Artikel Terkait: